Roy Suryo Resmi Jadi Menpora



Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah secara resmi menunjuk politisi Demokrat Roy Suryo menjadi Menpora. SBY membeberkan pertimbangannya.

"Saya telah menetapkan untuk mengangkat saudara Drs Roy Suryo Notodiprojo Msc untuk menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga," kata Presiden SBY dalam konferensi pers di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (11/1/2013).


Roy Suryo yang saat ini menjabat anggota Komisi I DPR RI dari dapil DI Yogyakarta menurut SBY pantas menjadi Menpora. SBY melihat integritas sosok Roy Suryo.
"Saudara Roy Suryo saat ini adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dari Dapil Yogyakarta, dan yang bersangkutan saya pandang cakap untuk mengemban tugas sebagai Menpora. Saya juga sudah mempertimbangkan integritas dan kapasitas yang bersangkutan untuk menjadi Menpora," kata SBY.
Roy Suryo telah mengikuti serangkaian fit and proper test dan dinyatakan lulus. Roy akan segera dilantik menjadi Menpora.

"Kepada yang bersangkutan telah saya lakukan interview serta fit and proper test disamping itu bersama Wakil Presiden dan para menteri terkait, hasilnya baik. Dengan demikian sekali lagi setelah memutuskan yang bersangkutan untuk menggantikan saudara Andi Mallarangeng untuk menjadi Menpora," tegas SBY.

Instruksi SBY untuk Roy Suryo

"Saya menginstruksikan kepada Menpora yang baru untuk mengkonsolidasikan jajarannya, harapan saya memastikan semuanya memiliki kinerja yang baik," kata Presiden SBY dalam konferensi pers di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (11/1/2013).

SBY lantas meminta Roy Suryo melanjutkan capaian positif Menpora sebelumnya, Andi Mallarangeng. Sejumlah program Andi dirasa SBY cukup memuaskan.

"Yang kedua, saya minta Menpora yang baru juga melanjutkan apa yang telah diraih oleh Menpora sebelumnya. Prestasi Saudara Andi Mallarangeng untuk kembali berjayanya olahraga Indonesia dalam Sea Games satu posisi yang tidak kita miliki sejak 1997 dan telah kita raih kembali pada tahun 2011 lalu dengan hasil yang gemilang. Saya harap bisa dijaga dan dipertahankan menghadapi Sea Games di Myanmar, harapan saya Sea Games di Myanmar kita masih tetap memiliki prestasi yang baik dan tentu prestasi di bidang olahraga dan kepemudaan tetap dipertahankan," tandas SBY yang mengenakan safari biru ini.

Roy juga diminta membenahi PSSI. Dualisme kepengurusan PSSI harus diselesaikan demi kemajuan sepakbola Indonesia.

"Tugas yang ketiga adalah untuk bekerjasama dengan KOI dan KONI untuk segera mengakhiri atau menyelesaikan persoalan yang ada di sepakbola kita PSSI. Saya berharap bisa melakukan konsolidasi yang baik dengan FIFA, KONI dan KOI dan semua pihak pecinta sepakbola agar kemelut tersebut bisa diakhiri. Rakyat akan sangat marah kalau prestasi sepakbola kita terganggu, terganjal, dan kandas karena konflik diantara kubu-kubu tertentu di pesepakbolaan kita. Ini bukan tugas ringan tapi harus dilaksanakan oleh Menpora yang baru," beber SBY.

Sumber: detik.com