Penyanyi Veteran Andy Williams Meninggal Dunia

Moon river, wider than a mile
I''m crossin'' you in style some day
Oh, dream maker, you heart breaker
Wherever you''re goin'', I''m goin'' your way

Lirik lagu ini tidak akan terdengar lagi dari mulut penyanyi Amerika tahun 60-an, Andy Williams, 84 tahun. Ketenaran Williams di tahun 60-an, sempat mengalahkan ketenaran Frank Sinatra.

Pria kelahiran Iowa ini meninggal dunia kemarin, Selasa 25 September 2012 di kediamannya di Branson, Missouri setelah beberapa tahun bertahan dari kanker kandung kemih.

Memulai karirnya sebagai penyanyi cafe, Andy Williams merekam suaranya pertama kali di bawah label RCA Victors. Sayangnya lagu ini tidak populer sama sekali. Ia baru mulai dikenal publik setelah kemunculannya di acara televisi, Tonight Starring Steve Allen.

Bintangnya baru bersinar setelah dua Albumnya yang terkenal, Moon River dan Days of Wine and Roses meledak di pasar musik internasional. Moon River bahkan memenangkan Oscar di tahun 1963. Kala itu, Williams menjadi vokalis yang bintangnya paling bersinar di Amerika, mengalahkan Frank Sinatra, Johnny Mathis, bahkan Elvis Presley.

Moon River dan Days of Wine and Roses bertahan di tangga lagu populer selama 16 minggu pada pertengahan tahun 1963. Di tahun 1973, Andy Williams menghasilkan 18 album yang mendapat Gold Album Awards. Dengan prestasi dan bakat alamiah bermusiknya, Andy Williams dijuluki "Easy Listening Singer".
Album Williams lainnya ikut mendulang sukses di Inggris, dan terus masuk dalam top 10 tangga lagu di Inggris. Beberapa lagu bahkan diaransemen ulang, salah satunya adalah "Can''t Help Falling in Love" yang dibuat tahun 1970. Tahun 1990-an, penyanyi Julio Iglesias kembali mempopulerkan lagu ini.

Pria kelahiran 3 Desember 1927 di Wall Lake, Iowa, Amerika Serikat ini meninggalkan istri yang dinikahinya pada 3 May 1991, Debbie Meyer serta 3 anak dari pernikahan pertamanya dengan Claudine Longet, yaitu Noelle, Christian, dan Robert.

Generasi saat ini mungkin jarang yang mengetahui sepak terjangnya. Namun Williams yang menyumbangkan sebagian harta kekayaannya untuk petani-petani di Iowa melalui turnamen golf "Farmers Insurance Opens" ini menjadi salah satu legenda yang diingat dunia musik Amerika. Bahkan pemerintah negara bagian Iowa, tempat kelahiran Williams membuat atraksi khusus tahunan untuk turis.

Seluruh tim IniKabarKu mengucapkan turut berduka cita atas kepergian Andy Williams.

sumber : tempo.co